Perayaaan Festival Ilabulo di Ampana Meriah

0
260
Bupati Touna Mohammad Lahay dan Ketua DPRD Touna, Gusnar A Suleman bersam Putri Pariwisata Sulawesi Tengah, Rinda Arifdayanti bersama sejumlah undangan lainnya tengah menikmati santap malam bersama usai pembukaan Festival Ilabulo dan perayaan Lebaran Ketupat, Rabu (13/7/2017) malam di Kawasan Kayu Kelor Kelurahan Muara Toba Kecamatan Tatolindo. FOTO : HUMAS PEMKAB TOUNA.

TOUNA – Festival Ilabulo dan perayaan lebaran ketupat yang digelar oleh warga Gorontalo yang bermukim di kawasan Kayu Kelor Kelurahan Muara Toba Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-una (Touna) berlangsung meriah.

Dalam kegiatan itu ratusan stan milik warga sejak tiga hari sebelum perayaan telah dibangun dan dihiasi oleh warga setempat untuk meramaikan kegiatan tahunan syawalan atau yang biasa disebut dengan lebaran sunat usai Idul Fitri.

Festival Ilabulo sendiri dilaksanakan oleh warga Gorontalo yang bermukim di Kota Ampana tahun ini merupakan tahun pertama diselenggarakan bersamaan dengan perayaan lebaran ketupat.

Ilabulo adalah masakan tradisional asal Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Masakan berbahan dasar ati ampela, santan dan tepung sagu ini,  dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar sehingga aroma yang dihasilkan lebih nikmat saat disajikan.

Festival Ilabula dan perayaan Lebaran Ketupat  dibuka oleh Bupati Tojo Una-una, Mohammad Lahay. Pada kesempatan itu Bupati mengatakan, kegiatan ini harus dimaknai dengan baik sebagai salah satu budaya dan tradisi untuk memperkokoh silaturrahmi sesama masyarakat setelah tujuh hari hari Idul Fitri.

“Kegiatan ini perlu terus dijaga dan dilestarikan, sehingga budaya dan tradisi yang telah ada sejak dahulu dapat dipertahankan dan dilestarikan,” ujar Bupati Mohammad Lahay.

 

Dia berharap, kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda tahunan dan menjadi salah satu sektor untuk menarik minat wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara di Kabupaten Tojo Una-Una.

Diketahuim daerah ini memiliki Kepulauan Togean yang merupakan salah satu kawasan wisata yang terkemuka dan sudah terkenal di mancanegara dengan wisata baharinya.

Pada bulan Juli ini direncanakan juga akan diselenggarakan  Pesona Bahari Togean 2016  yang akan dilaksanakan di dua tempat berbeda yakni di Kepulauan Togean sendiri dan di Desa Tete B Kecamatan Ampana Tete.  RHM

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY