Maksimalkan Fungsi Terminal Siwagilemba, Jalan Lingkar Moengko-Lembomawo akan Dibenahi

0
114
Terminal Siwagilemba

POSO KOTA – Keberadaan terminal Siwagilembah nampaknya tidak bisa dipisahkan dengan upaya untuk memaksimalkan fungsi pasar baru di Kelurahan Kawua. Karena itu pula, pemerintah daerah terus mengupayakan peningkatan sarana infra struktur terminal bertipe B tersebut, termasuk infra struktur jalan utama menuju terminal. Wakil Bupati Poso, T.Samsuri memastikan dalam waktu dekat Pemda akan membenahi jalan lingkar tersebut yang selama ini belum aman untuk dilewati kendaraan karena tingkat kesulitannya masih tinggi. “Kita akan coba kasih turun lagi sehingga bisa dilewati oleh kendaraan dengan aman. Karena ke depan, jalan tersebut akan menjadi jalan pintas bagi angkutan umum, sehingga tidak bus angkutan umum antar kabupaten dan provinsi tidak perlu lagi masuk kota, langsung ke terminal saja, itu lebih dekat”, ujar Samsuri.
Meski demikian diakui oleh Samsuri, jalan tersebut masih tergolong sempit bagi bus besar untuk berpapasan, makanya kata Wakil Bupati dua periode ini, pihaknya akan mengupayakan agar kendaraan satu arah saja dulu untuk sementara. “Secara tehknis nanti akan dipikirkan oleh Dinas Perhubungan, apakah kendaraan dari arah Moengko menuju terminal yang lewat di jalur itu atau kendaraan dari arah Kawua yang akan melewati jalu tersebut, yang pasti semua kendaraan umum harus masuk terminal, itu intinya”, jelas Samsuri.
Mengenai isu bahwa tukang ojek akan protes jika semua kendaraan angkutan umum langsung ke terminal, Samsuri mengaku belum mendengar penolakan tersebut. “Saya kira tidak perlu kita berandai-andai dulu, prinsipnya mari kita belajar tertib dulu, kalau semua bisa diatur pasti penghasilan alan terbagi dengan baik, pemerintah kan memikirkan semuanya”, kata Samsuri kepada Poso Raya pekan lalu. DW

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY