Poso Bertekad Jadi Sentra Kakao

0
222
Poso Bertekad Jadi Sentra Kakao

POSO RAYA – Sebagian besar kakao yang diekspor Sulteng berasal dari kabupaten Poso. Namun belakangan produksinya menurun setelah bertahun-tahun diserang hama. Meski begitu pemda berupaya meningkatkan kembali sehingga kabupaten Poso kembali menjadi sentra kakao di sulteng.
Bupati Darmin A Sigilipu mengungkapkan tekadnya membangkitkan kembali produktifitas para petani kakao dengan menjadikan pengembangan tanaman itu sebagai salah satu prioritas pembangunan sebagaimana terlihat dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 pemerintah.
“Kita ingin menjadikan Poso sebagai sentra kakao dan cengkeh serta kopra,”katanya. Selain kakao dan cengkeh, kini kita tidak melihat banyak pohon kelapa di kabupaten Poso sehingga hasil kopra memang tidak begitu menonjol lagi sebagaimana sejarahnya Poso dikenal sebagai penghasil kopra terbesar di Sulteng pada tahun 60an.
Dinas Perkebunan Provinsi Sulteng sebelumnya menargetkan produksi kakao pada tahun ini mencapai 175.666 ton dengan luas lahan 289.082 hektar sehingga diharapkan setiap hektar menghasilkan 901 kg kakao kering. Hingga kini pula provinsi masih mengandalkan kabupaten Parigi Moutong sebagai senta kakao.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY