Ada Perbaikan Jalan, Perjalanan ke Bada Butuh 7 Jam

0
160
Mobil dari Bada-Tentena dan sebaliknya menunggu giliran untuk melewati tanjakan di kawasan Malei, sekitar 30 km dari lembah Bada. Selain berlumpur karena hujan yang mengguyur kawasan ini, material tanah berasal dari proses pekerjaan pelebaran jalan.(foto:sofyan)

MALEI – Jarak Tetena-Bada hanya sekitar 70 kilometer, namun jika hendak menuju kesana saat ini butuh waktu setidaknya 7 jam dengan menggunakan mobil. Pada hari-hari sebelumnya hanya butuh sekitar 5 jam. Sebabnya kondisi jalan berlumpur disebagian jalan yang dilalui.
Teti, salah seorang warga yang melakukan perjalanan ke desa Gintu, Lore Selatan mengatakan, biasanya hanya butuh 5 jam perjalanan, namun sejak Minggu (26/6) lalu, mobil yang ditumpanginya harus antri menunggu giliran untuk menanjak dijalan yang berlumpur.
“Ada juga mobil yang harus pasang rante di ban supaya tidak talucur ke bawah,”katanya. Seperti Teti, warga lainnya, Yulianus, mengatakan jalan dari Tentena ke Bada lebih mudah ketimbang sebaliknya.
“Kalau kita dari Bada, harus siap tali untuk dipasang di mobil, nanti pas di tanjakan Malei itu mobil kita ditarik pake alat berat,”katanya. Beberapa mobil yang mencoba menaklukkan tanjakan sepanjang hampir 1 kilometer tidak mampu meneruskan perjalanan dan terpaksa ditarik menggunakan alat berat.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY