Musrenbang RPJMD Digelar, 5 Tahun Angka Kemiskinan Ditarget Turun 3 Persen

0
164
Pembukaan Musrenbang RPJMD oleh Bupati Darmin A Sigilipu di aula Bappeda, Kamis (23/6) kemarin. (foto :sofyan)

POSO KOTA – Musyawarah penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dilaksanakan oleh Bappeda, Kamis (23/6) kemarin di aula Bappeda. Kegiatan itu dilakukan untuk mempertajam sasaran untuk pencapaian visi dan misi pemerintah selama 5 tahun kedepan.
Kepala Bappeda, Purnama Megati mengatakan rancangan awal RPJMD sudah mulai disusun sejak Juni 2015, kemudian dimasukkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Adapun pengesahan RPJMD ini paling lambat 17 Agustus 2016.
Ditengah masih tingginya angka kemiskinan di kabupaten Poso.Dalam 5 tahun kedepan ditargetkan angka kemiskinan ini berkurang hingga 3 persen dari sekitar 16,94 pada tahun 2017 menjadi tinggal 13,68 persen pada tahun 2021 nanti.
Dipaparkan Purnama, untuk mengutangi angka kemiskinan maka pertumbuhan ekonomi harus terus diupayakan dengan target selama 5 tahun sebesar 8.09 persen dengan melaksanakan beberapa program unggulan dibidang pertanian, pengembangan ekonomi kerakyatan, koperasi dan Bumdes serta pengembangan pariwisata berbasis sumberdaya alam, budaya dan kuliner.
Untuk kuliner misalnya, Purnama menyebutkan menetapkan desa Kuku sebagai kampung durian.
“Memang sekarang masih musiman, ini tugas dinas pertanian untuk melakukan inovasi agar durian bisa selalu ditemukan disana, begitu juga kita buat kampung Sogili dan menggelar festival Padungku dan lomba perahu tingkat nasional di danau Poso,”kata Purnama. Kegiatan ini diharapkan memberi kontribusi ekonomi bagi warga sekitar hingga meningkatkan taraf hidup.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY