Pedagang Hasil Bumi Berjualan di Lahan Milik Orang, Berharap Pemda Fasilitasi Pembangunan Lapak

0
159
para pedagang palawija yang suda beberapa tahun berjualan di desa Lantojaya. (foto.syarif)

LANTOJAYA – Para pedagang hasil pertanian yang setiap harinya berjualan di pinggiran jalan desa Lantojaya, Poso Pesisir tetap bertahan menjual hasil kebun mereka meskipun lahan yang mereka tempati hanya menumpang di tanah milik orang lain.

Selain itu para penjual mengakui keuntungan hasil penjualan tidak seberapa, biasanya dalam sehari mereka hanya dapat meraup kurang lebih Rp 50.000 saja. Seperti jenis jagung, mereka membeli kepada para petani seharga Rp 17.000 dan menjualnya kembali dengan harga 20 ribu satu ikat, pisang dibeli dari petani seharga Rp 5.000, dijual kembali dengan harga Rp6.000.

Seperti halnya ibu Heris (35) dirinya mengungkapkan penghasilannya dengan berjualan hasil palawija di pinggiran jalan ini tidak menentu terkadang ia mendapat Rp 30.000, apabila ia lagi beruntung biasanya dijual mencapai Rp 80.000.

Sebelumnya pemerintah desa Lantojaya juga telah mengusulkan kepada pemda dan pangdam saat pembukaan operasi teritorial TNI untuk membangun kios-kios para pedagang yang berjualan di emperan jalan.

“Kami bersukur kalo pemerintah desa telah mengusulkan dan juga memperhatikan kita warganya apalagi kita yang rakyat kecil ini” ujar ibu Heris yang mempunyai satu orang anak ini.(RIF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY