Pemerinta Desa Betania Tingkatkan Fasilitas Produksi Pertanian

0
183
Barto Lomius

BETANIA – Pemerintah desa Betania, Poso Pesisir Selatan, kini berupaya meningkatkan roda ekonomi masyarakatnya yang sebagian besar bertumpu pada pertanian. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun jalan kantong produksi sepanjang 6 kilometer yang menuju ke kebun-kebun warga desa itu.

Kepala Betania, Barto Lomius, mengatakan dari total 6 kilometer sasaran jalan kantong produksi yang ingin ditingkatkan saat ini telah terealisasi sekitar 800 meter, itu artinya masih ada sekitar 5 kilo meter yang masih harus dibangun. Barto mengatakan sudah mengajukan usulan itu kepada Bupati dan Pangdam VII Wirabuana Mayjen Agus Surya Bakti dalam tatap muka beberapa waktu lalu.
Selain jalan kantong produksi, desa Betania, menurut Barto juga masih membutuhkan alat untuk mengerjakan sawah seperti traktor. Selain kakao dan sawah, warga Betania juga menanam palawija seperti jagung dan kedelai.

“Kalo untuk komoditi ada beberapa macam, hasil utama perkebunan petani kakao, sementara ini digiatkan jagung dan kedelai, pemerintah desa mau berupaya meningkatkan penghasilan petani yang masih memprihatinkan,”kata Barto.
Satu hal yang disukuri oleh Barto adalah kondisi keamanan desanya yang masih terjamin aman, meski demikian dia menghimbau warga untuk tidak sampai bermalam di kebun.

Barto Lomius yang seorang pensiunan TNI ini juga menjelaskan, mengenai keamanan kusus di desanya meyakinkan 100 % tidak ada yang terkontaminasi, untuk saat ini memberikan waktu pada jam kerja di kebun, meng himbau kepada masayarakat agar tidak larut di kebun,  ia mempersilahkan masyarakatnya beraktifitas namun mengingat waktu kerena adanya keamamn menyangkut oprasi tinombala saat ini.

“kami menyampaiklan atau menghimbau di gereja karena kebetulan di desa ini agamanya lebih dominan, hanya untuk kewaspadaan terhadap pribadi sendiri” imbuh, Barto Lomius, yang baru menjabat  1 (satu) tahun beberapa bulan ini.(RIF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY