Program Pemda Jangan Bertentangan RPJMD

0
168
Hidayat Bungasawa

POSO KOTA – Pemda akan kembali membahas dokumen Rencana Pembangunan Jangkan Menengah Daerah (RPJMD) hari Rabu (22/6) di aula Bappeda. Dokumen ini begitu penting sebab menjadi panduan bagi pemerintah dalam mewujudkan cita-cita pembangunan selama 5 tahun mendatang. Namun ternyata tidak selamanya dokumen ini ‘dipakai’. Ketua komisi I DPRD Poso Hidayat Bungasawa menilai seringkali secara operasional RPJMD hanya menjadi tumpukan dokumen yang tidak punya makna apapun, sebab dalam prakteknya banyak program tidak konsisten terhadap RPJMD.
“Seharusnya penyusunan APBD termasuk renja SKPD didasarkan pada RPJMD, sebab ini adalah bagaimana mewujudkan rencana pembangunan yang menjadi visi dan misi Bupati-Wakil Bupati,”kata Hidayat. Dia berharap pengalaman tahun-tahun sebelumnya menjadi pelajaran bagaimana proses pembangunan di kabupaten Poso seperti kehilangan arah.
Hidayat menilai, penyusunan APBD yang tidak didasarkan pada RPJMD rentan membuat visi dan misi Bupati bisa terwujud. Sebab yang muncul menurutnya bukanlah kebutuhan tapi kinginan segelintir orang saja namun manfaatnya tidak dirasakan masyarakat.
Tanpa menyebutkan nama SKPD, Hidayat menilai contoh program yang tidak didasarkan pada RPJMD itu membuat banyak uang daerah tidak menghasilkan dampak bagi masyarakat kecuali sejumlah bangunan yang tidak berfungsi.
“Kualitas pejabat pimpinan SKPD juga turut menentukan apakah Bupati bisa mewujudkan visi dan misinya, sebab banyak juga pejabat yang kapabilitasnya belum mumpuni,”katanya.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY