Sebagian Pengedar Narkotika Anak Muda, Perda Pencegahan Tambah Tenaga BNN

0
127
Max Tungka (Dokument poso raya)

POSO KOTA – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Poso Max Tungka sudah bertekat akan membendung peredaran sekaligus penggunaan Narkotika dan zat adiktif di kabupaten Poso.
“Kalau kami tegas melakukan penindakan terhadap pengguna dan pengedar Narkotika itu bukan karena karena kepentingan kami semata. Tetapi yang lebih utama adalah karena kita ingin menyelamatkan bangsa dan negara teristimewa rakyat kabupaten Poso dari belenggu obat sangat mematikan ini,” Ujar Kepala BNN kepada Poso Raya, Kamis (16/6).
Sikap BNN ini terhembus setelah melewati penyelidikan secara menyeluruh di setiap wilayah, ternyata barang terlarang itu telah merembesi seluruh kalangan masyarakat. Yang lebih memprihatinkan lagi, kelompok terlibat  sebagai pengedar dan pemakai ternyata banyak diantaranya masih berusia muda antara 18-28 tahun.
“Kami mempunyai kecurigaan besar para pengedar dan pemakai narkotika merupakan kelompok muda antara umur 18 – 28 tahun”katanya. BNN mengakui pembahasan ranperda di DPRD Poso yang sedang berlangsung sekarang, akan membantu BNN dalam melakukan monitoring masuknya narkotika  sampai pada lembaga pemerintahan. Untuk menggali narasumber dari masyarakat yang mengetahui tempat beredarnya narkotika sangat sulit. “Entah kenapa walaupun ada masyarakat kita yang sebenarnya mengetahui adanya barang haram tersebut beredar di wilayahnya. Tetapi mereka seperti enggan melaporkan. Jika Perda Narkotika itu terbentuk, ini akan memudahkan kami untuk melakukan monitoring berkesinambungan terhadap semua tempat termasuk institusi pemerintah. Pengguna Narkoba bukan hanya kelompok swasta tetapi juga sudah merasuki  orang-orang di pemerintahan. Ini menjadi masalah penting yang harus kita pikirkan bersama bagaimana penyelesaianya. Bagi masyarakat belum mengenal barang  berbahaya ini sebaiknya menghindarinya. Karena kalau sudah terlanjur memakai kemudian ketergantungan dengan obat tersebut, hukuman sekalipun, bagi mereka yang sudah terlanjur  memakainya tidak akan peduli disebabkan dorongan radiasi biologis  dari  zat  secara perlahan akan membunuh penggunanya itu,” Terang  Max seraya mengingatkan resiko bagi pengguna narkoba. Nan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY