Penggunaan Dana Desa, Bategencu Utamakan Kesepakatan Bersama

0
118
Murid SD Diajak Kenali Rambu Lalulintas

POSO KOTA – Kucuran dana desa dan ADD oleh pemerintah pusat merupakan solusi ampuh untuk menghilangkan perbedaan tingkat pembangunan setiap daerah.
Kepala desa Bategencu, kecamatan Lage, Soli Samalingu mengatakan sangat terbantu dengan adanya dana yang dikelola secara mandiri oleh desa. Untuk penggunaannya, Soli mengaku sangat hati-hati membuat program. Hal itu bertujuan agar anggaran tersebut pelaksanaanya dapat benar-benar membantu masyarakat. Musyawaerah bersama menjadi salah satu kunci bagi dia untuk membuat dana itu tidak mubazir.
“Kita di sini semua program selalu dibicarakan bersama sebelum menjadi usulan APBDesa. Hal itu kami lakukan agar  program yang terlaksana nantinya merupakan hasil kesepakatan desa, dan hasilnya juga dapat dinikmati oleh semua masyarakat.” Katanya.
Kucuran uang dana desa dan Alokasi Dana Desa (ADD)telah mendorong pemerataan pembangunan di semua wilayah di kabupaten Poso. Selama ini harus diakui bahwa tidak semua wilayah daerah ini yang sudah mendapatkan pemerataan pembangunan sebagaimana di harapkan. Hal ini terjadi karena pemerintah mempunyai keterbatasan dana di alokasikan untuk pembangunan desa. Faktor lain adalah karena desa bersangkutan mempunyai keterbatasan kemampuan disebabkan sumber ekonomi masyarakatnya yang tidak merata.
Beberapa program yang menjadi prioritas Bategencu menurut Soli adalah pengembangan fasilitas pertanian. Selain itu di alokasikan pula pada peningkatan sarana infrastruktur desa.
“Karena masyarakat disini hampir seluruhnya petani, maka prioritas pembangunan kami terbanyak ke bidang tersebut. Kalau ini terjadi maka saya yakin  pendapatan warga pasti bertambah. Adapun saran pendukung kami juga sudah memasukan dalam program. Semoga saja dari program ini pemerataan ekonomi di desa Bantugencu akan terwujud secepatnya,”harap Soli. Nan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY