Pekan Depan Dana Desa Cair, Antisipasi Perampokan, Bank Datang ke Kecamatan

0
130
Asisten 1 Yus Madoli dan Kabag Pemdes Yunirson Penyami

TENTENA – Para kepala desa bersama perangkat dan sekretarisnya dalam 2 pekan terakhir tengah disibukkan dengan proses verifikasi dokumen dan laporan guna mencairkan dana desa.
Kepala Bagian Pemerintahan Desa, Yunirson Penyami mengatakan dalam pekan kedepan ditargetkan desa-desa yang sudah selesai proses verifikasinya sudah bisa mencairkan anggaran mereka. Hal sama diungkapkan asisten I bidang pemerintahan, Yus Madoli dihadapan beberapa kepala desa dan anggota BPD serta LPM di Tentena hari Senin lalu.
Dikatakan Yunirson, mengingat jumlah dana tahap pertama yang dicairkan mencapai ratusan juta rupiah maka pemerintah membuat sistem pencairan kolektif, yakni dalam satu kecamatan bila sudah ada 5 desa yang tahapan verifikasi administrasinya beres, maka pihak bank yang akan datang ke ibu kota kecamatan membawakan uangnya.
“Ini petunjuk yang disampaikan Bupati untuk mengantisipasi resiko adanya perampokan, sebab bila bendahara mencairkan ke bank di kota, jaraknya cukup jauh,”jelas Yunirson. Namun agar desa yang verifikasinya sudah selesai tidak menunggu terlalu lama, Yunirson mengatakan boleh mencairkan anggaran ke bank namun dia berharap tidak dilakukan sendiri, namun sebaiknya ditemani beberapa orang agar lebih aman. Tahun ini desa terkecil seperti Sintuwu Lemba mendapatkam anggaran diatas 400 juta rupiah.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY