Longki-Sudarto Dilantik Hari Ini, Ini Rangkaian Prosesi Pelantikan di Istana Negara

0
110
Longki Djanggola saat kampanye di alun-alun Sintuwu Maroso.

Hari ini, Kamis (16/6) Longki Djanggola dan Sudarto dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah masa jabatan 2016-2021. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan akan berlangsung pukul 10:00 WIB di Istana Negara, Jakarta. Bagaimana rangkaian prosesi pelantikannya? Berikut laporannya dari Jakarta.

Oleh: Moechtar Mahyuddin

SELASA (14/6) Sekretariat Presiden, Kementerian Sekretariat Negara bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, dan sejumlah pejabat penting di jajaran Sekretariat Presiden, serta Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres), menggelar rapat koordinasi membahas rencana pelaksanaan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng masa jabatan 2016-2021.
Rapat yang dipimpin oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Djarod Sri Sulistyo ini, telah menetapkan susunan acara pelantikan, konsep undangan dan tata letak tempat acara pelantikan. Selain itu ditetapkan pula daftar tamu undangan yang akan menghadiri seluruh rangkaian prosesi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng periode 2016-2021.
Data yang diperoleh dari Biro Protokol Sekretariat Presiden, menyebutkan bahwa seluruh rangkaian prosesi pelantikan akan berlangsung kurang lebih dua jam. Dimulai dari pukul 09:00 dan berakhir pada pukul 10:50 WIB.
Rencananya, Longki Djanggola yang didampingi sang istri Hj Zalzulmida A Djanggola, serta Sudarto yang juga didampingi sang istri Hj Nurmasyita Mang,  beserta rombongan dari Sulteng, akan berangkat dari Hotel Sahid menuju Wisma Negara di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.
Longki Djanggola dan Sudarto sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng terpilih periode 2016-2021, diagendakan tiba di Wisma Negara pada pukul 09:00 WIB. Berselang 15 menit, Longki-Sudarto bersama rombongan akan berjalan kaki menuju Istana Merdeka. Saat memasuki Istana Merdeka, duet pemimpin daerah hasil Pilkada Sulteng 2015 ini, akan melewati Jajar Kehormatan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Prosesi ini layaknya ketika Presiden akan menerima tamu kehormatan yang datang ke Istana Merdeka.
Setibanya di Istana Merdeka pukul 09:20, Longki Djanggola dan Sudarto akan disambut oleh Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden, M. Ari Setiawan. Selanjutnya menuju ruang tunggu utama untuk beristirahat sejenak. Di ruang tunggu utama Istana Merdeka, sudah menanti Kepala Sekretariat Presiden, Dr Darmansjah Djumala yang akan menyambut kedatangan Longki Djanggola dan Sudarto.
Tepat pukul 09:30, Longki Djanggola dan Sudarto bersama sejumlah pejabat Sekretariat Presiden, menuju beranda depan Istana Merdeka. Kemudian pada pukul 09:35, Longki-Sudarto yang dipandu oleh Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden, memasuki ruang kredensial. Di ruangan inilah Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden akan memperkenalkan Longki Djanggola dan Sudarto kepada Presiden Joko Widodo.
Prosesi selanjutnya, Presiden Joko Widodo menyerahkan petikan Keputusan Presiden (Keppres)  tentang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng  kepada Longki Djanggola dan Sudarto. Sekitar pukul 09:40, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden H. M Jusuf Kalla bersama-sama Longki Djanggola dan Sudarto akan berjalan kaki menuju Istana Negara.
Istana Merdeka dan Istana Negara adalah dua bangunan yang berada di satu kompleks. Gedung Istana Merdeka menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas) Jalan Medan Merdeka Utara. Sedangkan Istana Negara adalah gedung yang menghadap ke arah sungai Ciliwung (Jalan Veteran).
Saat Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama-sama Longki Djanggola dan Sudarto akan berjalan kaki meninggalkan Istana Merdeka menuju Istana Negara, akan diawali dengan prosesi oleh Pasukan Kehormatan Paspampres.
Dijadwalkan, saat tiba di Istana Negara tepat pukul 09:50, Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla langsung menuju ruang tunggu utama Istana Negara. Sedangkan Longki Djanggola dan Sudarto langsung menuju ruang pelantikan.
Tepat pukul 10:00 WIB, acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng dimulai. Acara tersebut dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, DR Cecep Sutiawan, membacakan Keputusan Peresiden (Keppres)  tentang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng masa jabatan 2016-2021.
Prosesi inti pelantikan pun dilangsungkan. Presiden Joko Widodo akan memimpin prosesi pengambilan sumpah jabatan Longki Djanggola sebagai Gubernur Sulteng masa jabatan 2016-2021, dan Sudarto sebagai Wakil Gubernur Sulteng masa jabatan 2016-2021. Dilanjutkan dengan penyematan tanda pangkat dan jabatan.
Selanjutnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan amanatnya melalui pidato berdurasi 15 menit. Rangkaian acara inti pelantikan akan ditutup dengan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Pemberian ucapan selamat akan didahului oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo. Kemudian pemberian ucapan selamat oleh Wapres Jufuf Kalla yang didamingi Hj Mufidah Jufus Kalla, diikuti tamu undangan lainnya.
Usai pemberian ucapan selamat, akan digelar acara foto bersama dan ramah tamah. Tepat pukul 11.00 WIB, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo bersama Wapres Jufuf Kalla dan Hj Mufidah Jufus Kalla, meninggalkan tempat acara pelantikan.
Informasi yang dihimpun menyebutkan, undangan yang menempati ruang pelantikan hanya dibatasi oleh para pejabat negara, diantaranya para menteri dan pejabat tinggi negara, keluarga dekat Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik, serta para Bupati dan Walikota se Sulawesi Tengah. Sedangkan tamu undangan lainnya akan menempati tenda di luar gedung Istana Negara. Para tamu undangan yang berada di luar gedung Istana Negara dapat menyaksikan seluruh prosesi pelantikan melalui layar televisi.(MS)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY