Temuan Dana Desa Jadi Kekuatan APBDes

0
189
Yunirson Penyami

POSO KOTA – Bila meningat dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat kepada desa lewat UU no 6 tahun 2014, kita teringat program bantuan presiden (Banpres) akhir 80an yang dikeluarkan era Soeharto. Setelah program selesai temuan bermunculan hingga 80 persen dari total desa penerima. Namun kala itu pengawasan tidak seketat sekarang.
Informasi yang diperoleh media ini menyebutkan lebih dari separo desa yang diperiksa penggunaan dana desanya muncul temuan. Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Yunirson Penyami mengatakan pihaknya tidak memungkiri ada banyak temuan dari hasil pemeriksaan Inspektorat. Namun dikatakannya, hasil temuan itu ditindaklanjuti dengan mewajibkan kepala desa mengembalikan jumlah temuan dana itu ke kas desa sebagai penguatan APBDesa tahun berikutnya.
“Kalau yang menjadi temuan adalah volume pekerjaan fisik maka volume pekerjaan itu yang harus ditambah,”katanya. Beberapa temuan yang disampaikan oleh Inspektorat kabupaten Poso menyebutkan ada desa yang sampai harus mengembalikan dana desa ratusan juta rupiah.
Namun sebagian besar temuan itu, lanjut Yunirson adalah salah administrasi yang dilakukan oleh pengelola di desa, sehingga menurutnya belum tentu karena kesengajaan untuk di korupsi. Kedepan kata mantan Camat Pamona Timur ini, perbaikan administrasi dan pengelolaan dana desa akan ditingkatkan agar kekeliruan seperti yang terjadi pada tahun lalu bisa diminimalkan.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY