Tahun Depan Target Adipura, TPA dan RSUD Butuh Pembenahan

0
139
Tugu titik nol, salah satu Landmark kabupaten Poso.(foto :Fandi)

POSO RAYA – Pemerintah daerah bertekad meraih piala Adipura tahun depan. Hal itu ditegaskan Asisten I Yus Madoli baru-baru ini. Dia mengatakan butuh kerja keras untuk mewujudkan mimpi itu.
“Tahun ini merupakan peletakan dasar menuju kota Cerdas, tahun depan kita harus berusaha mencapainya sebagaimana sudah disampaikan Bupati,”katanya dihadapan para kepala desa. Cita-cita meraih piala Adipura beberapa kali sudah diungkapkan Bupati Darmin A Sigilipu.
Piala Adipura adalah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungannya yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Ada 4 kategori dalam penghargaan ini yakni
kategori kota metropolitan (penduduk lebih dari 1 juta jiwa), kota besar (penduduk 500.001 – 1.000.000 jiwa), kota sedang (penduduk 100.001 – 500.000 jiwa), dan kota kecil (sampai dengan 100.000 jiwa).
Jika melihat kategori ini, maka kabupaten Poso masuk dalam kategori kota sedang mengingat jumlah penduduknya sudah diatas 200 ribu jiwa.
Namun target ini membutuhkan kerja keras bila ingin tercapai, sebab melihat kondisi kota Poso bersaudara, sepertinya jauh dari kriteria penilaian Adipura yang mensyaratkan kota bersih dan tempat pengelolaan sampah yang ada di kelurahan Madale berpotensi mencemari laut. Selain itu masih ada persoalan lain seperti pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) yang harus terjaga serta kondisi rumah sakit. Jika melihat 2 hal terakhir,DAS dan rumah sakit, maka banyak pihak ragu piala Adipura bakal diarak keliling kota Poso.
Ditengah berbagai persoalan itu, Yus Madoli tetap mengatakan optimis asalkan seluruh pihak, termasuk warga bekerja keras mewujudkannya.
“Bupati sudah mengatakan ini adalah mimpi kita bersama, jadi mari kita sama-sama bekerja keras menata mulai dari lingkungan rumah,”katanya.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY