Pos Kesehatan Padalembara, Mobil Warga Jadi ‘Ambulance’ Untuk Pasien

0
222
Pos Kesehatan desa Padalembara, Poso Pesisir Selatan. (foto :syarif)

PADALEMBARA – Minimnya fasilitas kesehatan di kabupaten Poso bisa dilihat di desa Padalembara, Poso Pesisir Selatan. Warga desa terpencil yang menjadi salah satu tempat konsentrasi pasukan keamanan dalam Operasi Tinombala itu harus bersusah payah bila ada anggota keluarga mereka yang sakit dan harus dirujuk ke Puskesmas atau RSUD.

Menurut informasi yang di berikan oleh bidan desa itu Ni Komang Suharni, sebelumnya jika ada pasien yang ingin dirujuk ke puskesmas biasanya menggunakan bantuan masyarakat jika ingin melintasi sungai sebelum di bangunnya jembatan darurat.

“Saat ini sebenarnya tidak sulit, transportasi lancar, kendaraan yang digunakan biasanya kita baku bantu angkat motor, sekarang berhubung suda ada jembatan darurat, sudah ada kerjasama dengan masyarakat yang ada mobilnya kita gunakan” ungkap Ni Komang Suharni. Ia juga menambahkan saat ini mulai banyak bantuan yang diberikan terhadap pos kesehatan desa berupa alat-alat kesehatan, hal itu sedikit membantu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat.

Selain harus melewati sungai, jika ingin mengarah ke desa Pantango juga ada jalan yang menelusuri aliran irigasi namun jarak tempuhnya cukup jauh dibandingkan jalan yang kerap digunakan oleh warga ditambah lagi kondisinya masih berbatu dan sunyi sehingga banyak yang khawatir bila melintas sendirian.(RIF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY