Inovasi Baru Pemda, BKDRB Terapkan Layanan Pensiun Ketuk Pintu

0
131
Sukimin

POSO KOTA – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Badan Kepegawaian Daerah Reformasi Dan Birokrasi (BKDRB) Kabupaten Poso siap memberikan gebrakan baru dengan penerapan pelayanan pensiun ketuk pintu.Sistem pelayanan pensiun ketuk pintu tersebut merupakan kebijakan baru BKDRB Poso dalam memberikan pelayanan pensiun kepada Pegawai Negeri Sipil yang akan memasuki batas usia pensiun yang tidak lagi harus melibatkan pada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk kepengurusan SK purna tugas.
Kepala BKD-RB,Sukimin,SH,M.Si mengatakan wacana penerapan pelayanan pensiun ketuk pintu tersebut di lingkungan Pemda Poso merupakan inovasi baru pihak BKD-RB untuk memberikan pelayanan maksimal kepada PNS yang memasuki purna tugas. Menurutnya dalam pelayanan pensiun ketuk pintu tersebut sistem dan prosedur seluruhnya ditangani oleh BKD-RB,sesuai dengan semboyan yang diterapkan  Simple,Menyenangkan,Akurat,Responsif dan Tanpa Biaya atau SMART.
‘’Rencananya tahun ini kita akan berlakukan,pelayanan Pensiun ketuk pintu ini merupakan terobosan baru yang akan diterapkan oleh BKD-RB,untuk mempermudah pelayanan pengurusan SK pensiun PNS,”ungkapnya.
Sukimin, menambahkan jika sejalan dengan hasil Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat) Pim II yang diikutinya akan melakukan proyek perubahan untuk Diklat Pim II terkait dengan pelayanan pensiun ketuk pintu.Dalam sistem ketuk Pintu tersebut artinya seluruh pelayanan SK pensiun PNS yang bekerja dilingkup Pemda Poso akan dilayani secara Mandiri oleh BKD-RB Poso tanpa memungut biaya,dimana pada sitem sebelumnya dengan cara lama dengan sendiri atau melalui SKPD masing-masing sehingga dianggap merugikan PNS yang akan purna tugas.
“Pelayanan pensiun ketuk pintu adalah semua pelayanan administrasi yang berkaitan proses pensiun mulai dari penjemputan berkas dimasing-masing SKPD,pengurusan SK ke BKN,hingga penjemputan SK dari BKN yang kemudian diantar ke pemilik SK sepenuhnya ditangani oleh BKD-RB,” jelasnya.
Pihak Pemda kabupaten Poso melalui Bupati Darmin Sigilipu sangat merespon positif rencana pihak BKD-RB menerapkan sitem pelayanan Pensiun Ketuk Pintu dan bisa menjadi contoh bagi SKPD dan kabupaten lain.Berdasarkan data yang ada pada BKD-RB ,jumlah PNS Pemkab Poso yang akan memasuki masa pensiun pada tahun 2016  mencapai 122 orang  ,khusus untuk  bulan Juni 2016 ,setidaknya terdapat 12 PNS yang telah menerima SK Pensiun.(MSR)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY