Forum Desa kritik Slogan ‘Pembangunan Desa’

0
273
Asisten I Jhon Yus Madoli dan Kepala Bagian Pemdes Yunirson Penyami serius mendengarkan pendapat anggota forum desa yang menyampaikan sejumlah kendala penerapan UU no 6 tahun 2014 yang mereka hadapi.(foto :sofyan)

POSO KOTA – Sejumlah kepala desa dan BPD serta kelompok perempuan dan perwakilan pemerintah daerah berkumpul membahas proses pelaksanaan UU no 6 tahun 2014 di kabupaten Poso. Dalam diskusi itu para pemimpin desa ini mengkritisi slogan ‘pembangunan desa’ sebagai cara pembangunan yang mengabaikan aspirasi dan kebutuhan sesungguhnya masyarakat.
“Apa yang diprogramkan oleh SKPD sudah itu yang diturunkan ke desa, padahal bukan itu yang diusulkan, selain itu turunnya sering dadakan, sehingga tujuannya sendiri tidak tercapai,”kata kepala desa Tolambo Weinsmeo Tolidunde.
Pembangunan model ini menurut dia, selain kerap gagal juga cenderung hanya untuk menguntungkan kelompok politik tertentu. Karenanya para kades dan anggota BPD yang tergabung dalam forum desa ini menggagas ‘desa membangun’ untuk merubah pola pembangunan yang sebelumnya terkesan memaksakan kehendak pemerintah diatas tanpa peduli kebutuhan sesungguhnya di desa.
“Berikan kesempatan kepada desa untuk membangun desanya, saya yakinkan itu pasti berhasil,”kata anggota BPD desa Malei, Cristian Sambalagi yang juga ketua forum. Dia berharap Bupati segera mengeluarkan peraturan yang bisa dijadikan landasan bagi mereka untuk berjuang membangun desa.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY