Festival Anak Desa Wera, Upaya Warga Desa Gairahkan Pariwisata

0
167
Moende, tari tradisional yang kemudian berubah menjadi Dero ditampilkan anak-anak desa Wera dalam festival Anak Saluopa 2016 yang digelar warga desa Wera di lokasi wisata air terjuna Saluopa.(foto :dok)

WERA – Warga desa Wera, kecamatan Pamona Puselemba pantas diberi penghargaan tinggi atas upaya menggairahkan pariwisata di desa mereka dengan menggelar Festival Anak Saluopa 2016, akhir pekan lalu.
Menariknya para penggagas dan pelaksana festival adalah para perempuan desa dengan memanfaatkan lokasi air terjun Saluopa di desanya. Ibu Elmi, salah seorang penggagas kegiatan ini mengatakan mereka memanfaatkan lokasi air terjun Saluopa dan jadual padat kunjungan wisatawan pada hari Minggu (12/6) lalu.
Ide melaksanakan festival ini menurut Elmi terinspirasi dari salah satu sesi kelas sekolah perempuan yakni materi budaya yang mereka ikuti.
“Ini menggabungkan ruang ruang ekspresi budaya dan kreatifitas anak kita,”kata ibu Elmi.
Beberapa kegiatan yang ditampilkan pada festival yang baru pertama dilaksanakan di desa Wera ini antara lain drama, tari tradisional dan modern, drama, vokal grup dan paduan suara serta musik bambu.
Sebagai daerah tujuan wisata andalan kabupaten Poso, Tentena serta Wera dengan air terjun Saluopa dan Leboni dengan pantai Siuri bisa dibilang minim kegiatan apalagi sejenis festival yang berupaya menggairahkan pariwisata.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY