Petani Sawah Desa Masamba Panen Raya

0
155
Hasbullah Ladaci

MASAMBA – Masyarakat Desa Masamba, Kecamatan Poso Pesisir Tahun 2016 ini merasa bahagia. Bagaimana tidak, selama beberapa tahun merindukan peningkatan hasil panen, tahun ini baru bisa terwujud.
Menurut Sekretaris Desa Masamba, Hasbullah Ladaci, meski angka total produksi di desanya belum bisa dikalkulasi secara pasti, namun dirinya bisa memastikan terjadi peningkatan hasil panen secara signifikan. “Kalau soal berapa total kenaikannya memang kita belum bisa hitung, karena kan pengelolaan padi masih sementara berjalan, tapi berdasarkan pengakuan warga saat bincang-bincang kalau kumpul-kumpul malam hari, secara umum petani merasa puas dengan hasil panen tahun ini”, urai Hasbullah.
Ditambahkan oleh Hasbullah, meski total hasil panen belum bisa dipastikan di desanya, namun jika mengacu dari hitung-hitungan tahun sebelumnya, tahun ini hasil panen diprediksi melampaui target 3.500 Ton. “Jadi kita memperkirakan produksi tahun ini bisa mencapai 4.500 Ton, dari total 357 Hektar luas lahan persawahan yang ada di Desa Masamba”, jelas Sekdes yang telah mendampingi empat Kepala Desa di Masamba ini.
Diketahui, peningkatan hasil panen tahun ini bisa terwujud berkat kerjasama masyarakat dan pemerintah desa Masamba dan sekitarnya dalam memelihara Sarana Irigasi Perkampungan (Serumpung). AND

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY