43.094 Hektar Lahan Masih Kritis

0
154
ilustrasi kebakaran hutan

POSO KOTA – Berbagai upaya penanganan lahan kritis sebenarnya telah dilakukan. Namun, hingga kini lahan kritis di kabupaten poso dengan luas, mencapai 43.094,0 hektare. Padahal tidak sedikit dari lahan kritis tersebut berada di kawasan hutan yang terletak di daerah aliran sungai (DAS).

Data dinas Kehutanan kabupaten Poso menunjukkan, dari 19 kacamatan yang ada, lahan tergolong kritis mencapai 33.016,9 (Ha) dan yang sangat kritis mencapai 10.077,1 (Ha).

Dinas Kehutanan sendiri menyebutkan upaya rehabilitasi hutan dan lahan dengan memulihkan kembali fungsinya di berbagai kecamatan terus dilakukan dengan memperbaiki dan meningkatkan kondisi lahan yang rusak supaya dapat berfungsi secara optimal baik sebagai lahan produksii, pengatur tata air, ataupun sebagai unsur perlindungan alam dan lingkungan terhadap kawasan di sekitarnya.

Tidak hanya itu berbagai upaya juga turut dilakukan seperti memasang papan himbauan kepada masyarakat di setiap titik di berbagai kecamatan dalam menjaga kelestarian hutan sehingga mengurangi angka kerusakan hutan yang ada.(RIF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY