Dana Siap Pakai, Gerindra Minta Ada Pedoman Penggunaan

0
149
Sawah di desa Leboni, Pamona Puselemba terancam oleh banjir yang bisa datang setiap saat.(foto ;dok)

POSO KOTA – Pemerintah dan DPRD telah sepakat untuk menetapkan rancangan peraturan daerah mengenai dana siap pakai guna mengantisipasi kemungkinan bencana yang bisa terjadi kapanpun.
Ketua fraksi partai Gerindra, Hidayat Bungasawa meminta agar pemerintah menyusun sebuah pedoman penggunaan dan pemberian bantuan dana siap pakai yang akan dikelola oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
“Untuk menghindari kesalahan dan penyimpangan dalam pelaksanaannya, dana siap pakai harus dipertanggungjawabkan secara transparan,”kata Hidayat.
BMKG stasuiun Kasiguncu menyebutkan belakangan ini curah hujan di kabupaten Poso sangat tinggi. Sejumlah jalan di Lore bersaudara beberapa kali terputus akibat longsor saat hujan yang mengguyur kawasan itu sebulan terakhir. Di desa Leboni dan Wera, Pamona Puselemba, banjir merusak saluran irigasi dan memutus jembatan jalan kantong produksi. Kondisi seperti ini tentu membutuhkan penanganan cepat.
Namun menurut Hidayat, agar perda ini benar-benar efektif berjalan maka, standar operasi prosedur (SOP) pengelolaan dana siap pakai harus dikaji secara hati-hati dan terukur sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara baik.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY