Warga Desa Kuku Keluhkan Layanan PLN

0
173
ilustrasi pemadaman listrik

PAMONA UTARA – Warga Desa Kuku kecamatan Pamona Utara mengeluhkan kondisi listrik di rumah mereka sejak 2 bulan belakangan. Bukan pemadaman, tapi hanya seperti kekurangan daya, listrik redup, sehingga sekilas tidak ada masalah.
Kekurangan daya itu mengakibatkan pengguna listrik pintar padam setiap menit. Dampaknya, sejumlah alat elektronik warga mengalami kerusakan seperti televisi. Bahkan dan balon lampu juga rusak.
”Coba kamu wartawan muat ini, hampir setiap hari ini padam lampu, kalau alasan kayu tumbang kenapa setiap hari, kalau alasan jaringan kenapa juga setiap hari, ini perlu ada pembenahan di PLN Tentena, ini sudah banyak televisi rusak, lampu listrik banyak yang mati,” ujar sejumlah warga desa Kuku.
Kondisi pemadaman ini, kadang setiap 6 jam yang dimulai pukul 09.00 wita hingga pukul 20.00 wita, sementara sebagian rumah juga mengalami pemadaman hingga sehari penuh. Anehnya, listrik kembali normal jika ada warga yang melaporkan di bagian gangguan PLN Tentena atau langsung ke pimpinan PLN. Sementara mantan Kepala PLN Tentena, Yohanis, yang baru seminggu menjabat sebagai Kepala PLN Poso mengatakan, sejak kepemimpinannya di Tentena, gangguan listrik di Desa Kuku itu terjadi akibat kerusakan di bagian CO, sehingga ada sebagian rumah mengalami pemadaman dan sebagian tidak tetapi mengalami kekurangan daya. Ganggung CO itu menurut Yohanis tidak akan diktahui oleh pihak PLN, terkecuali ada laporan warga.

“Itu diakibatkan kerusakan CO dan bukan saja CO, bahkan biasanya pohon tumbang, ranting kayu, dan paniki. Nah kalau gangguan CO, pihak PLN sulit mengetahui adanya padam lampu,” jelasnya saat dihubungi via telepon, Selasa (7/6)kemarin.

Sebelumnya alasan kerusakan listrik setiap hari karena banyak ditemukan pohon tumbang, seperti yang terjadi di Desa Tampe Madoro, dan Sangira.  Terpisah kepala PLN Tentena, Segar Manurung, yang baru seminggu bertugas itu mengakui belum mengathui banyak akibat pemadaman listrik di Kuku. Dirinya mengatakan saat ini pihak PLN Tentena melakukan pemangkasan tumbuhan yang berada diarea jalur listrik.

“Saya belum mengetahui banyak, karna saya baru dua minggu ini menjabat sebagai Kepala PLN Tentena, hanya saat ini kami mula melakukan pembenahan dengan pemangkasan pohon, yang mana dianggap akan menggangu jaringan,” katanya.(FER)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY