Hari Pertama Ramadhan, Harga Ayam Potong Naik, Daging Sapi Stabil

0
178
Salah Satu Penjual Daging Yang Melayani Pembeli

KAWUA – Harga sejumlah bahan pangan di pasar terus merangkak naik, kelangkaan stok ayam potong yang terjadi jelang bulan Ramadhan 1437 hijriah membuat harga makin naik.

Saat ini di pasar Sentral Tradisional Bersih Sintuwu Maroso Poso harga daging ayam potong, merangkak naik, per ekornya dijual dengan harga Rp. 65.000, sejumlah pedagang ayam potong di karenakan stok ayam potong di wilayah Poso berkurang.

Salah satu penjual daging ayam potong Irul menyampaikan, jelang ramadhan ini dirinya sangat sulit untuk mendapatkan stok ayam potong dan terpaksa harus mengambil stok ayam potong dari kota Palu dengan harga jual mencapai Rp. 25.000/kg.

Harga ini pun membuat sejumlah penjual daging ayam potong di pasar tersebut menaikan harga jual dari Rp. 45.000 naik menjadi Rp. 65.000 per ekornya, meskipun harga ayam potong naik, hal ini tidak menyurutkan para pembeli yang tetap mencari untuk di beli.

“Yang jelas memang ada kenaikan harga, sekarang harganya Rp. 65.000, kemarin Rp. 50.000 ada juga yang Rp. 45.000 dengan ukuran dua kilo setengah, kenaikan itu dikarenakan kurang sekali stok ayam unutk lokalan,” katanya.

Salah satu pembeli Samsiah menjelaskan, untuk harga yang diberikan penjual masih bisa dijangkau dan sangat murah untuk di beli saat ini. Sehingga kami tetap mau membeli daging ayam potong meskipun merangkak naik.

Sementara untuk harga daging sapi, meskipun di wilayah lain mengalami kenaikan harga jual, saat ini harga jual di wilayah Poso masih mengalami harga yang stabil mencapai Rp. 110. 000 per kilonya.

“Kalau kenaikan harga saat ini belum ada masih Rp. 110. 000, cuma mungkin tidak menutup kemungkinan dihari besar nanti mungkin akan naik. Warga pun belum ada yang mengeluh bahkan banyak yang membeli,” ungkap Usman penjual daging di PTBSM.

Usman mengatakan, saat ini jumlah sapi yang dipotong setiap hari mengalami kenaikan dari yang biasanya dua ekor, jelang ramadhan ini naik menjadi lima ekor. Namun, para penjual daging sapi dan ayam potong memprediksikan harga daging bisa terus naik saat lebaran tiba. AND

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY