Masih Pro Kontra, Pemda Diminta Hentikan Pembangunan Tugu Mapane

0
200
Tugu Mapane yang kini menjadi perdebatan ditengah masyarakat. DPRD merekomendasikan agar pembangunannya dihentikan sementara.(foto :Syarif)

POSO  KOTA – Anggota DPRD Kabupaten Poso, Muhaimin Yunus Hadi meminta agar  pembangunan tugu oleh Dinas Perumahan dan Kebersihan Kota (Rumsikot)  Kabupaten Poso  di Kelurahan Mapane, kecamatan Poso Pesisir, segera dihentikan dulu.  Alasannya, tempat dibangunnya tugu termasuk kata-kata ada tertulis di bagian tugu tidak pas dengan kondisi masyarakat setempat.
“Kalau tulisan yang ada sekarang tetap dipertahankan, sebaiknya tugu itu  dihentikan pembangunanya atau di pindahkan pada wilayah yang sesuai dengan fungsinya,”terang  Muhaimin kepada Poso Raya Kamis (2/6).
Menurut anggota komisi II itu,  sangat  banyak  simbol  atau kata-kata  yang dapat dipakai untuk tugu tersebut yang memperlihatkan ciri khas daerah kita  yang masih mengutamakan persatuan, kekerabatan dan persaudaraan.
“Bahasa yang dapat di pakai misalnya “Tugu Sintuwu Maroso” atau “kitorang samua basudara”inikan bahasa sederhana tetapi dapat diterima oleh semua pihak.
Secara sosial himbauan seperti ini menurut Muhaimin lagi, akan selalu mengingatkan kepada rakyat Poso agar tetap menjaga hubungan yang sudah sangat baik ditengah masyarakat.
Muhaimin menjelaskan, penempatan tugu tersebut menjadi dipersoalkan  karena tulisan di badan  tugu berupa angka tahun 1892 dianggap tidak sesuai  dengan kondisi masyarakat yang bermukim di sekitarnya.
Dinas Rumsikot sebagai penanggungjawab kegiatan pembangunan tugu tersebut diminta segera memindahkan atau mangganti tulisan pada badan pancangan tugu dimaksud. “Kita berharap ini menjadi pengalaman bagi Dinas Rumsikot sebagai penanggungjawab kegiatan pembangunan tugu tersebut. Kedepan  sebaiknya  semua  simbol dipakai harus seirama dengan kondisi sosial masyarakatnya,”kata Muhaimin.
Sebelumnya DPRD dalam rapat bersama pemda, Rabu (1/6) telah meminta agar pembangunan tugu ini dihentikan sementara setelah munculnya aspirasi dari sejumlah warga yang memprotes simbol pada tugu itu.(NAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY