RedakOperasi Patuh, 300 Kendaraan Ditilang, Mayoritas Pelajarsi

0
173
Pilihan kendaraan ditilang saat razia di bundaran SMAKER Poso Kota. Sebagian besar dikendarai anak sekolah tanpa dilengkapi SIM.(foto :yoanes litha)

POSO KOTA – Para pelajar dari berbagai sekolah tidak dapat berbuat banyak saat kendaraan roda dua yang mereka kendarai di amankan petugas Satuan Lalu Lintas Polres Poso dalam sebuah razia yang digelar di bundaran Smaker, Poso Kota, Jumat (27/5)lalu. Para pelajar yang umumnya berusia di bawah 15 tahun ini tidak dapat menunjukkan surat surat kelengkapan kendaraan berupa STNK apalagi surat Izin Mengemudi atau SIM C. Meskipun tidak memiliki surat surat para pelajar dari tingkat sekolah menengah pertama dan Sekolah menengah atas tersebut tetap mengendarai sepeda motor walaupun mereka belum cukup umur.

Selain para pelajar yang terjaring dalam razia bagian dari Operasi Patuh Tinombala 2016, petugas gabungan dari Satlantas Polres Poso juga menilang pengendara kendaraan roda dua dari kalangan orang dewasa yang juga tidak dapat menunjukkan surat surat kendaraan ataupun surat izin mengemudi.

Pemeriksaan terhadap pengendara kendaraan roda dua dan roda empat dalam razia gabungan yang melibatkan 6 personel Polisi Militer itu juga melakukan pemeriksaan terhadap pengendara kendaraan roda empat, termasuk terhadap anggota TNI yang melintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Poso AKP Anton Muhammad menerangkapan sepanjang pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala pihaknya telah mengeluarkan surat tilang terhadap 302 pelanggar lalu lintas dan mengamankan 164 kendaraan roda dua dan roda empat yang tidak memiliki kelengkapan surat surat. “Sejauh ini giat operasi yaitu yang dikenal Operasi Patuh Tinombala yang dilaksanakan di wilayah hukum Poso, Polres Poso, yang terjaring hingga saat ini untuk kegiatan itu dari Tilang sendiri, yang sudah berhasil kita tilang itu sudah lebih dari 302 pelanggar yang kemarin, ditambah lagi hari ini,  berupa barang bukti yang kita sita dari surat surat itu sekitar 80 lebih, kemudian kendaraan itu sendiri, terdiri dari kendaraan roda dua kemudian kendaraan roda empat, 136 itu yang kemarin belum ditambah untuk hari ini, kita masih melaksanakan kegiatan terus secara rutin setiap hari dengan waktu yang tidak menetap” jelas AKP Anton Muhammad.

Seluruh kendaraan yang ditangkap dari para pengendara kendaraan roda dua dan roda empat itu kemudian diamankan ke markas Kepolisian Resort Poso.

Operasi patuh Tinombala sendiri digelar hingga tanggal 29 Mei 2016 yang dilakukan secara acak baik waktu dan tempat pelaksanaan di wilayah Kota Poso. YHL

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY