Musim Hujan Panen Palawija Menurun

0
143
Tanaman jagung kini terancam tigginya curah hujan.(foto Syarif)

LAPE – Desa Lape, merupakan salah satu penghasil palawija di Poso Pesisir, namun saat ini hasil panen masyarakat mengalami penurunan, dikarenakan musim hujan yang berlangsung hingga kini.

“Hasil palawija di desa Lape sebelumnya ada peningkatan, namun saat ini dengan musim hujan yang terus menerus menjadikan jagung ba kuning daun tidak mau tumbuh sehat, juga kelebihan air” ujar Romansyah sekertaris desa Lape.

Masyarakat desa Lape rata-rata melakukan cocok tanam di dataran rendah daerah persawahan, akibatnya hujan yang terus mengguyur menjadikan lahan mereka tergenang air, bahkan bibit jagung yang telah berjalan beberapa minggu biasanya hilang terendam air.

Romansyah, mengungkapkan bahwa pemerintah desa sering mengarahkan warga agar tidak hanya tinggal diam melihat cuaca yang seperti saat ini, tetapi juga melakukan penanaman palawija jenis lain seperti kacang panjang, bawang yang berpotensi lebih tumbuh subur di cuaca sekarang ini.

Sebelumnya BMKG lewat stafnya, Nurhadi Puguh Suratno telah menginformasikan saat ini belum tepat untuk melakukan penanaman sebab kondisi curah hujan di kabupaten Poso masih diatas normal.(RiF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY