Wabup :Pendidik Harus Beri Inspirasi

0
155
Wakil Bupati Poso T Samsuri saat membacakan pidato Kemendikbud pada peringatan Hardiknas, Senin (2/5). FOTO : FHANDY

POSO KOTA – Hari pendidikan nasional yang diperingati setiap 2 Mei ,  seperti biasanya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan diperingati dengan menggelar upacara peringatan Hardiknas di halaman kantor dinas itu yang diikuti para kepala sekolah, guru dan pelajar se Kabupaten Poso serta dimeriahkan dengan penampilan sejumlah pelajar dalam bidang seni.

Pada upacara Senin (2/5) kemarin bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakil Bupati T Samsuri sekaligus membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sekretaris Daerah Sin Songgo dan beberapa kepala Dinas di lingkup pemda turut hadir.

Dalam pidato yang di bacakannya, wakil Bupati T Samsuri, mengapresiasi para pegiat pendidik diseluruh jenjang yang sudah menyalurkan inspirasi, memberikan pencerahan dan membangkitkan asa setiap insan yang di didik.

“Inspirasi juga pencerahan yang di berikan pendidik kepada insan didiknya itu, tentunya berdampak baik, hal itu, tentunya berdampak baik bagi anak didik agar menjadi manusia yang berkarakter, berpengetahuan dan memeberikan faedah bagi sekitarnya,” katanya.

Kunci kemajuan bangsa itu, tak lepas dari campur tangan pendidik, mutu dan jenjang pendidik berdampak besar untuk kemajuan dan sejahtera.

Ia melanjutkan, pendidik harus terus mendukung anak didiknya dan dapat memastikan apa yang mereka dapatkan itu, merupakan kebutuhan yang dibutuhkan anak didik yang mencakup tiga Komponen.

“Pendidik khususnya di Kabupaten Poso harus dapat memastikan, bahwa anak didiknya itu, mendapatkan apa yang mereka butuhkan, tentunya  harus masuk dalam tiga komponen , yaitu kualitas karakter yang terbagi dua bagian Karakter moral dan karakter kinerja, tentunya anak didik harus dapat membutu kedua bagian karakter itu, harus seimbang dalam menghadapi perubahan lingkungan yang begitu cepat, kemampuan literasi memungkinkan anak didik kita meraih ilmu dan kemampuan yang lebih baik lagi dan kompetensi merupakan hal yang paling penting dimana anak didik kita harus kreativ, berfikir dan kritis,” kata Samsuri.

Upacara yang dilaksanakan di halaman Disdikbut itu, dirangkaiakan dengan kreativitas pelajar dalam menunjukan potensi yang ada pada setiap pelajar di Kabuapaten Poso, dengan menampilkan berbagai bidang yang di gelutinya, seperti seni tari, seni musik juga seni olah suara yang biasa disebut vikal grub. AND

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY