Pabrik CPO Kapasitas 80 Ton Segera Operasi

0
264
Pabrik CPO milik PT SPN yang tengah dalam proses pembangunan, rencananya tahun ini akan mulai beroperasi. (foto :sam batubara)

MOROWALI – Salah satu perusahaan perkebunan sawit yang ada di kabupaten Morowali Utara, PT Sinergi Perkebunan Nusantara (SPN) tengah membangun sebuah pabrik pengolahan Crude Palm Oil (CPO) dengan kapasitas produksi 80 ton per jam. Pabrik ini akan mulai beroperasi mulai tahun ini juga.
Direktur operasional PT SPN Ir Andi Marwan mengatakan sejak perusahaan itu resmi berdiri tahun ini merupakan hasil merger dengan PT Perkebunan Nusantara XIV. Untuk menunjang kapasitas pabrik itu, PT SPN akan menambah luas lahan tanaman sawit mereka hingga 8 ribu hektar. Beberapa daerah yang dijadikan daerah perluasan perkebunan oleh perusahaan ini antara lain desa Peonea di kecamatan Mori Atas.
PT SPN yang bisa disebut sebagai perusahaan negara ini mendapat izin HGU pada 2009 dengan nomor 20-HGU-BPN RI-2009 (27.01.09) seluas 1.895 hektare (ha) dari luasan itu sebanyak 800 ha disebut masuk dalam wilayah desa Lee.
Upaya perluasan perkebunan yang dilakukan sejumlah perusahaan merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda untuk meningkatkan produksi guna memenuhi kebutuhan tandan buah segar. Namun persoalan tanah bukan merupakan hal mudah untuk diselesaikan. Sejumlah petani di beberapa desa di Morowali Utara, misalnya desa Lee menolak peralihan lahan desa mereka untuk sawit yang berujung saling gugat dengan pihak perusahaan.(Sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY