Gizi Buruk Masih Jadi Momok Warga

0
157
dr. Djani Moula

POSO KOTA – Penyakit gizi buruk dan kurang gizi sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Poso, penyakit yang selalu dikaitkan dengan faktor kemiskinan ini menjadi sorotan khusus dari pemerintah pusat. Menariknya dari sejumlah penderitanya justru berasal dari warga mampu.
Kepala dinas Kesehatan, dr Jani Moula mengatakan, sejumlah anak di kabupaten Poso yang mengalami gizi kurang justru berasal dari kalangan mampu, diantaranya yang orang tuanya adalah PNS.
“Yang membuat kami kaget, sesuai penelitian yang kami lakukan, bahwa anak-anak yang terkena penyakit kurang gizi dan gizi buruk ini adalah mereka yang orang tuanya tergolong mampu dan punya penghasilan sendri,”kata dr Jani. Bahkan menurutnya lagi, ada sebagian orang tua penderita adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Salah satu penyebab banyaknya anak-anak terkena penyakit ini karena kekurangan perhatian dari para orang tua. Sebab mereka memakan makanan yang tidak bergizi. Alasan kesibukan menyebabkan perhatian kepada anak berkurang. Akibatnya pola makan anak-anak yang terkena gizi buruk maupun gizi kurang ini tidak teratur dan memakan makanan tidak bergizi.
“Saking sibuknya orang tua mereka dengan pekerjaannya masing–masing, sehingga konsumsi anak – anak mereka sudah tidak diperhatikan lagi,” tambah dokter Jani. Dengan adanya temuan ini, kedepannya dinas kesehatan akan melaksanakan sosialisasi mengenai gizi buruk dan gizi kurang tidak hanya dikalangan orang miskin saja namun akan dilaksanakan juga sosialisasi dikalangan pengusaha dan juga pegawai negeri sipil (PNS).MIF

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY