Knalpot Bogar, Warga Desak Polisi Tindak Tegas Pemilik Kenderaan

0
123
Kapolsek Bungku Tengah : Kompol Basrum Syichbutuh

POSO RAYA – Menjamurnya kembali penggunaan knalpot bogar atau knalpot racing pada sepeda motor jenis 4 tak, semakin meresahkan ketenangan warga Bungku yang juga diiringi balapan liar.

Anehnya, hal tersebut terkesan dibiarkan oleh jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Bungku Tengah yang notabene selaku penanggung jawab keamanan di wilayah tersebut.

Warga sekitar merasa tak nyaman dengan suara bising dari knalpot bogar. Keluhan warga telah berulang kali diuarkan via media cetak, namun hingga kini hanya sesekali saja pihak Polsek melakukan razia knalpot bogar, sehingga warga kesal dan geram saat waktu-waktu istirahat berlangsung. Bahkan saat waktu pelaksanaan ibadah shalat di masjid-masjid harus terganggu dengan suara bising knalpot bogar.

Di wilayah Bahomohoni dan kompleks perkantoran Bumu Funuasingko misalnya, telah beberapa kali diusulkan untuk dilakukan razia karena di tempat tersebut merupakan jalan trans dan pusat berkumpulnya anak-anak usia SD, SMP, yang belum layak mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), adapula setingkat SMA yang  terkadang melakukan balapan liar seperti yang terjadi pada Sabtu (30/1) sore.

Pihak Polres Morowali mestinya juga turun langsung untuk menggelar razia kenderaan terhadap knalpot bogar, dan balapan liar. Namun karena letak lokasi Mapolres di Desa Korowou, yang sudah masuk wilayah  Kabupaten Morowali Utara (Morut), mungkin menyebabkan tindakan pencegahan terhadap maraknya aktifitas balapan liar tidak bisa dilakukan.

“Seharusnya pihak Lalulintas (Lantas) Polres juga harus turun ke Bungku karena ini wilayah kerjanya. Kami ini sudah sangat terganggu, mau harapkan anggota Polsek tidak maksimal karena anggotanya hanya sedikit. Kalau masalah seperti ini saja tidak bisa diatasi, serahkan saja kepada masyarakat biar kami yang tangani sendiri yang penting ada pernyataan dari pihak kepolisian,” keluh seorang warga yang tak mau disebutkan namanya, kepada Poso Raya Jumat (29/1).

Kapolsek Bungku Tengah, Kompol Basrum Syichbutuh yang dikonfirmasi pada Minggu (31/1), menegaskan bahwa pihaknya akan segera melakukan razia baik siang ataupun malam hari setelah melakukan koordinasi dengan pihak Polres Morowali.

Ia juga mengatakan bahwa knalpot bogar bukan saja terdapat di wilayah Bungku Tengah, namun dari hasil pengamatan, banyak juga dari wilayah lain. Olehnya itu, ia mengharapkan agar Polsek di Kecamatan lain juga dapat menjalankan operasi yang sama. (BBG)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY