Awal Tahun, Harga Daging Sapi Merangkak Naik

0
116
pedagang daging di pasar Bungku (foto :Bambang)

MOROWALI – Awal Januari 2016 ini, harga daging sapi di Bungku, Kabupaten Morowali mengalami kenaikan. Meski kenaikan harga tidak drastis, namun warga sekitar cukup merasakan dampak kenaikannya. Sedangkan untuk ayam potong masih terbilang stabil.

Seperti dituturkan Nasir, salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Sentral Bungku, bahwa harga daging sapi hingga akhir tahun 2015 masih berkisar pada Rp100.000 per kilogramnya. Namun, sejak awal Januari hingga memasuki akhir bulan ini naik menjadi Rp110.000,- per kilogramnya. “Kenaikan harga sudah berjalan hampir sebulan, dan belum bisa dipastikan kapan kembali stabil,” katanya.

Ditambahkan, sapi-sapi yang kemudian dagingnya dijual tersebut, didatangkan dari Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Dan untuk proses penyembelihannya tetap dilakukan di Bungku. Menurutnya, faktor lain yang juga dapat menyebabkan kenaikan harga daging sapi adalah kenaikan harga BBM.

Sementara untuk harga daging ayam potong, hingga kini belum mengalami kenaikan atau masih tergolong stabil, yakni bertahan di kisaran Rp50.000,- per ekornya.

Salah seorang pedagang ayam potong di Pasar SentralĀ  Bungku, Arfan mengatakan bahwa memang untuk ayam potong, sampai memasuki akhir bulan Januari belum mengalami kenaikan harga atau masih tetap seperti biasanya. Menurutnya, kenaikan harga biasanya hanya terjadi pada moment-moment tertentu saja, misalnya memasuki bulan suci Ramadhan, mendekati Hari Raya Idul Fitri atau Natal dan Tahun Baru. (BBG)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY