Gangguan Teknis PLTD, Pemadaman Bergilir Tiap Delapan Jam

0
107
Perbaikan mesin PLTD di Morowali (Foto: Bambang)

MOROWALI – Warga Bungku kini harus merasakan kegelapan tanpa cahaya listrik setiap delapan jam dalam sehari.    Hal tersebut disebabkan karena adanya gangguan tekhnis yang terjadi pada mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Bungku yang berada di Desa Bahoruru Kecamatan Bungku Tengah.
Kepala PLN Rayon Bungku, Zaykal Arrany Erifur yang ditemui Jum’at (15/01/2016) menjelaskan bahwa pemadaman masih akan terus dilakukan hingga perbaikan mesin pembangkit selesai yang ditangani langsung oleh tekhnisi dari Jakarta.
Dikatakan Zaykal, saat ini material alat dari ketujuh mesin yang mengalami gangguan tengah dikerjakan dengan alat yang juga baru tiba dari Jakarta, dan untuk sementara mesin-mesin digunakaan secara kanibal yakni dengan memasangkan alat yang masih bisa terpakai pada 1 mesin dipindahkan ke mesin lainnya.
Awalnya, pemadaman dilakukan dengan daya 300 sampai 400 kw, namun selanjutnya akan diambil langkah pemadaman lampu jalan sehingga diharapkan bisa diatasi selisih 400 kw.
Sementara, stok lilin di sejumlah toko di wilayah Kota Bungku mulai menipis bahkan ada yang sama sekali ludes diborong pembeli. “Sehari ini lilin di toko saya tinggal 10 karton, tadi pagi habis semua dibeli warga, bahkan ada tadi yang beli sampai 10 pack, mungkin 2 atau tiga hari lagi baru datang barangnya” tutur salah seorang pemilik toko di Funuasingko.
Akibat kondisi tersebut, PLN dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali harus mendapat cemoohan dari sebagian besar warga yang manilai bahwa PLN terlalu lambat dalam penanganan dan Pemkab tidak secepatnya mencarikan solusi terhadap hal itu. BMG

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY