Dewua-Sulewana Bisa Ditempuh 20 Menit

0
126
Jembatan gantung terbuat dari rangkaian kayu dan papan melintas diatas sungai menjadi salah satu jalur transportasi yang sudah lama ditempuh masyarakat dari wilayah Pamona bersaudara bila hendak menuju ke wilayah Poso Pesisir seperti desa Dewua, Sangginora atau Tangkura. Saat ini pemerintah tengah membangun jalan raya yang menghubungkan kedua wilayah ini untuk mempercepat akses transportasi masyarakat menyusul akan berpindahnya ibu kota kabupaten Poso ke Tentena atau Sulewana dalam waktu tidak terlalu lama lagi.(foto :dok.Dzeko Kanina)

DEWUA – Menyusul akan berpindahnya ibu kota kabupaten Poso ke salah satu wilayah Pamona bersaudara, kebutuhan akan transportasi juga makin mendesak. Akan ada kesulitan yang dialami warga Lore Utara, Lore Timur atau Tengah bila mereka berurusan ke ibukota kabupaten jika harus melewati wilayah Poso Kota sebab jalur yang mereka tempuh menjadi semakin panjang. Ada satu jalan yang memotong langsung dari desa Dewua ke Sulewana yang hanya membutuhkan waktu tempuh 20 menit saat ini, namun sayangnya itu hanya bisa dilalui kendaraan roda 2.
Seperti yang disampaikan Asni, salah seorang warga Tangkura, kecamatan Poso Pesisir Selatan,jalan yang ditempuh untuk menuju Sulewana memang lebih pendek, namun membutuhkan nyali serta kehati-hatian tinggi sebab jalur ini melewati tebing gunung yang curam dan harus melewati jembatan darurat kecil dengan ketinggian diatas 20 meter dari sungai.
“Kalau mau lewat situ harus betul-betul orang jago nae motor dengan nyali besar karena jalannya susah sekali,”kata Asni. Dia juga berharap pemerintah bisa segera menyelesaikan pembangunan jalan Dewua-Sulewana sehingga bisa segera dilalui. “Kalau lewat sini, mau ke Tentena paling cuma satu jam asal jalannya sudah bagus,”katanya.
Saat ini pemerintah daerah tengah membangun jalan tembus Dewua-Sulewana senilai lebih dari 1 miliar, namun pembangunannya sempat dipermasalahkan karena disebut belum memiliki izin pinjam pakai lahan dari Menteri Kehutanan.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY